Monday, November 18, 2013 - 0 comments

Kelas Inspirasi Makassar: Satu Hari Yang Penuh Makna

Langkah menjadi panutan, Ujar menjadi pengetahuan, Pengalaman menjadi Inspirasi"

Kelas Inspirasi Makassar merupakan sebuah kegiatan dimana para profesional dari berbagai profesi turun sehari ke sekolah-sekolah dasar untuk memberikan inspirasi kepada adik-adik di sekolah dasar. Sasaran sekolah dasar yang dikunjungi adalah sekolah-sekolah marginal. Kelas Inspirasi Makassar percaya bahwa kehadiran professional di SD-SD Negeri akan membuat anak-anak termotivasi untuk bercita-cita lebih tinggi dan memberikan mereka satu alasan lagi untuk tetap bersekolah.
Kegiatan ini dilaksanakan pertama kali di kota Makassar pada tanggal 28 Maret 2013. Saat itu saya sebagai fasilitator di SD Inpres Karuwisi III.


~Opening






(Ayo berbaris sebelum masuk kelas..."istirahat ditempat gerak"...
eh yang baju putih lagi ngelirik siapa hayoo)

~Para profesional sedang beraksi

Para pengajar dari berbagai profesi mulai memperkenalkan profesi mereka masing-masing, bagaimana untuk menjad profesi itu, dan hal-hal apa yang dikerjakan oleh profesi itu. Tak jarang tingkah-tingkah aneh pun bermunculan, ekspresi mereka yang keheranan karena asing mendengar profesi itu, jawaban-jawaban dari mereka yang kadang lucu, bahkan ada beberapa yang menangis karena terharu, atau hanya karena diganggu oleh temannya ^^






Karena menghadapi anak-anak sekolah dasar itu tidak semudah dalam pandangan. Rata-rata profesional memberikan komentar yang sama. Keaktifan anak-anak sukses membuat kelenjar keringat berproduksi cepat. Hanya dalam beberapa menit kami sudah bercucuran keringat. Bahkan sayapun harus siaga 1 terutama untuk kelas 1, 2, dan 3, siaga membantu para profesional ketika mereka kewalahan menghadapi anak-anak. Dan semuanya itu hilang seketika ketika mendengar mereka memaparkan satu demi satu cita-cita mereka.



Fasilitator SD Inpres Karuwisi III

~Closing

Ada yang lucu ketika proses closing dilakukan. Pada closing ini, kertas impian dari masing-masing anak akan dikumpulkan dalam kotak impian dan akan diterbangkan dengan balon. Mereka...yah mereka tetaplah anak-anak yang polos dan skali lagi sangat lucu. Begitu melihat puluhan balon telah datang, seketika merekapun menjadi aktif, menyerbu dan meraih balon-balon yang tadinya akan digunakan untuk menerbangkan kotak impian mereka. Sayapun hanya bisa tertawa bahagia melihat tingkah mereka karena kecepatan pergerakan dan padatnya massa mereka tak bisa dikalahkan. Namun, akhirnya mereka mengerti dan segera mengembalikan balon-balon tersebut. Dan treengg...balon yang akan menerbangkan kotak impian mereka akan segera diterbangkan. Semoga impian-impian itu menembus langit dan apa yang kalian cita-citakan bisa terwujud di keesokan hari. Indonesia menunggu kehadiran kalian kelak.




~Para profesional SD Inpres Karuwisi III Makassar~



~Nantikan Kelas Inspirasi Makassar II in the next year ^^V..!!


Fotografer by: Agustinus H, Arsyad H, dan Hary R

0 comments:

Post a Comment